Satu Narapidana Berstatus Pelajar SMK Prabumulih Ikuti UNBK Dikawal Petugas Rutan


Prabumulih, Portalsriwijaya.com - Seluruh siswa SMK Prabumulih kelas XII hari ini mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun 2020 yang di lakukan di sekolah masing-masing.

Namun nasib kurang beruntung dialami oleh siswa di salah satu SMK swasta di Prabumulih yakni inisial 'RES'. Narapidana usia 16 tahun ini dengan terpaksa harus mengikuti ujian di sekolah dengan pengawalan ketat petugas Rutan Kelas IIB Prabumulih.

RES terpaksa menjalani ujian ke sekolah dengan antar jemput dari rutan lantaran terjerat kasus narkoba dan divonis hukuman selama 1 tahun 6 bulan yan baru dijalani selama 5 bulan.

Kepala Rutan Prabumulih, Reza Meidiansyah Purnama Amd IP SH mengatakan, walaupun statusnya narapidana karena masih pelajar jadi dipersilahkan mengikuti ujian di sekolah.

"Karena statusnya masih pelajar walaupun dia berstatus napi namun kita persilahkan mengikuti ujian sekolah dan kita membantu dan koordinasi dengan dinas pendidikan dan sekolahnya," ungkap Reza.

Reza menuturkan, pihak sekolah dan dinas pendidikan sebelum pelaksanaan ujian menyurati pihak rutan dan narapidana RES agar mengikuti.

"Sebelum menghadapi ujian Dinas pendidikan sudah menyurati RES untuk mengikuti ujian sekolah selama 4 hari kami persilahkan untuk mengikuti ujian lalu kita panggil orangtuanya untuk membuat permohonan, setelah itu kami sidang PP sehingga seluruh anggota menyetujui untuk memperbolehkan RES mengikuti ujian sekolah," jelasnya.

Sementara RES ketika dibincangi mengungkapkan, jika dia merasa senang bisa diberi kesempatan untuk mengikuti ujian sekolah meski berada di Rutan Prabumulih.

"Meski dikawal pegawai rutan namun saya merasa senang bisa diberi kesempatan untuk mengikuti ujian sekolah dan bertemu teman-teman walaupun ada yang pro dan kontra dengan kondisi yang dijalani sekarang," ungkap RES saat dikonfirmasi, Senin (16/03/2020).

"Disekolah juga saya meminta maaf kepada guru karena telah mencoreng nama sekolah dan itu yang terpenting," bebernya.(Ing)
Share:

0 komentar:

Posting Komentar


Portalsriwijaya.com

Arsip