Pohon Asam Tumbang Tutup Jalan, Warga Sesalkan Pemerintah Lamban Tindaklanjuti Laporan


Prabumulih, Portalsriwijaya.com - Akses jalan utama yakni Jalan Jendral Sudirman yang biasa di lalui oleh pengendara motor dan mobil mendadak macet dan ditutup sementara akibat pohon asam tumbang.

Pohon yang berusia diperkirakan 70 tahun ini mendadak roboh dan tumbang pada Senin (09/03/2020) sekitar pukul 08.00.

Taslim selaku pemilik depot Sanjaya yang berada dijalan Jendral Sudirman Kelurahan Tugu Kecil mengatakan, sudah sejak satu bulan lalu pihaknya melaporkan kepada lurah dan pemerintah kota melalui dinas bersangkutan tentang pohon yang tersebut.

"Sebenarnya sudah satu bulan yang lalu kita melapor kepada Lurah dan Pemkot namun katanya janji mau ditebang namun sudah roboh duluan, untung saja tidak ada korban jiwa," kata Taslim.

Hal yang sama disampaikan warga lainnya menyatakan jika pohon asam tersebut sudah sejak lama condong mengarah ke jalan dan nyaris roboh. Warga telah melapor ke pemerintah kelurahan, Kecamatan hingga instansi Lingkungan Hidup dan lainnya namun tak kunjung ditindaklanjuti.

"Kita telah meminta dinas terkait melakukan namun terus diabaikan, akhirnya roboh. Harapan kita dinas menangani masalah itu agar mengawasi pohon-pohon yang telah tua dan akan roboh sehingga kejadian seperti ini tidak terulang," bebernya.

Terpisah, Kepala UPTD Pertamanan Dinas Lingkungan, Jauhari ST mengungkapkan, akan meng evakuasi khususnya di jalan jendral sudirman terhadap pohon-pohon yang dampak seperti ini.

"Kita akan pantau pohon-pohon yang dampaknya seperti ini khususnya di jalan jendral sudirman bukannya kita telat melaksanakannya namun kita mengkondisikan dulu karena banyak bermacam kendala yang harus kita hadapi dari listrik maupun lalu lintas itu harus berkoordinasi dahulu," katanya.

Ditanya belum adanya tanggapan setelah pengajuan satu bulan yang lalu, kepala UPTD Pertamanan dinas Lingkungan Hidup menuturkan, bukan belum ditanggapi namun secara administrasi sudah disurati hanya saja ada beberapa kendala yang harus dikoordinasikan.

"Dari pihak pemilik toko memang sudah ketemu namun secara administrasi kita sudah menyurati pemerintah kota, untuk ditanggulangi pohon besar ini kan otomatis banyak melibatkan berbagi sektor bukannya kita telat dan untuk kedepannya akan dilakukan pengecekan di sepanjang jalur yang kira-kira yang berdampak terjadi tumbang akan kita evaluasi dan dilaksanakan segera," bebernya.(Ing)
Share:

0 komentar:

Posting Komentar


Portalsriwijaya.com

Arsip