Antisipasi Virus Corona Rutan Prabumulih Tutup Kunjungan Selama 2 Minggu


Prabumulih, Portalsriwijaya.com - Wabah Covid-19 atau lebih dikenal dengan virus corona makin mengkhawatirkan karena telah memasuki negara Indonesia. Untuk mengantisipasi hal itu menulari para narapidana, Kementerian Hukum dan HAM khususnya Rutan Prabumulih melakukan sosialisasi pencegahan terhadap warga binaan.

Sesuai dengan surat edaran Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI nomor PAS-08.OT.02.02 Tahun 2020 tentang pencegahan, penanganan, pengendalian dan pemulihan virus corona seluruh unit pelaksana Teknis Permasyarakatan membatasi kunjungan bagi warga binaan rutan prabumulih.

Kepala Rutan Prabumulih, Reza Meidiansyah melalui Kasubsi Pelayanan Warga binaan, Efan Armen SH mengatakan, sesuai dengan surat edaran kemenkumham RI maka pihaknya makukan sosialisasikan pencegahan terhadap warga binaan rutan.

"Mengingat telah menyebarnya wabah virus corona kemenkumham kita adakan sosialisasi melalui pencegahan yang bekerjasama dengan dinas kesehatan dan puskesmas sukajadi untuk memberikan tips pola hidup sehat dan himbauan bagi warga binaan maupun pegawai rutan prabumulih," ucapnya saat dikonfirmasi, Rabu (18/03/2020).

Ditanya antisipasi yang dilakukan Efan Armen menuturkan, jika kita sudah menyediakan sanitizer bagi seluruh pengunjung rutan prabumulih untuk mencuci tangan dahulu sebelum masuk ke aula.

"Selama beberapa hari ini kita sudah menyediakan sanitizer sebagai pencuci tangan yang disiapkan untuk para pengunjung, rutan, maupun warga binaan sebagi antisipasi mewabahnya virus corona yang saat ini sudah dalam kondisi darurat di Indonesia," katanya.

Sesuai dengan surat edaran yang diinstruksikan dari Kemenkumhan pusat mulai besok kita menutup kunjungan sampai batas 2 minggu ke depan guna mencegah dan mengantisipasi virus corona walaupun dikota praumulih saat ini masih berada di zona kuning namun tetap antisipasi," jelasnya.

Sementara itu, dr Indah selaku penanggung jawab Puskesmas Kelurahan Sukajadi mengungkapkan, untuk sosialisasi kepada warga binaan dari definisi, gejala, maupun pencegahan sudah kita praktekkan dengan rajin mencuci tangan.

"Kita disini memberikan tips kepada warga binaan untuk selalu rajin mencuci tangan sebagai langkah awal antisipasi virus corona saat ini sudah kita praktekkan dari pencegahan maupun antisipasinya," ungkapnya.

"Kita himbau kepada masyarakat maupun warga binaan rutan prabumulih untuk menjaga kebersihan diri sendiri dan terapkan pola hidup sehat," himbaunya.(Ing)
Share:

0 komentar:

Posting Komentar



Portalsriwijaya.com

Arsip