PT BA dan Kadin Muaraenim Jalin Kerjasama Kembangkan Tanaman Rosela Untuk Sejahterakan Warga



Muaraenim, Portalsriwijaya.com - Sebagai bentuk wujud kepedulian terhadap kesejahteraan petani di Kabupaten Muara Enim, PT Bukit Asam melalui Corporate social Responsibility (CSR) bersama Kamar Dagang Industri (Kadin) Muara Enim resmi jalin kerjasama pembinaan terhadap para calon Petani Rosela di Kabupaten Muara Enim.

Kegiatan kerjasama pembinaan sekaligus sosialisasi yang digelar pada Kamis (25/6/2020) itu dihadiri Asisten menejer Kemitraan PT Bukit Asam Listati didampingi para pengurus Sentral Industri Bukit Asam ( SIBA) dan Ketua Kadin, Nasution ST MT didampingi Erdi Tohron SH bersama pengurus Kadin lain dan puluhan calon petani Rosela Kabupaten Muara Enim.

Di jelaskan Nasution, pembinaan para calon petani rosela di Kabupaten Muara Enim bersama PT Bukit Asam dilakukan melalui program CSR PT Bukit Asam dan Kadin Muara Enim sangat di sambut baik.

"Hal positif ini patut kita apresiasi bersama, karena visi dan misi PT BA bersama Kadin Muara Enim mewujudkan kesejahteraan terhadap Sentral petani kecil dan UMKM di Muara Enim, perlu sinergitas bersama dalam mewujudkan itu," ujarnya Nasution.

Nasution menambahkan, dengan terjalinya kerjasama antara CSR PT BA dan Kadin Muara Enim diharapkan dapat merangsang minat masyarakat khususnya para petani dibawah binaan Kadin Muara Enim dan PT BA Muara Enim untuk membudidayakan Tanaman Rosela demi mewujudkan kesejahteraan para petani Muara Enim.

"Harga jual Rosela memang cukup menggiurkan, berkisar Rp 7000 per kilo basahnya dan Rp 100 ribu per kilo dalam bentuk keringnya. Ini adalah peluang sebagai nilai tambahan penghasilan yang pada akhirnya diharap dapat meningkatkan kesejahteraan para petani di Muara Enim," harapnya.

Sementara itu, Asisten manajer kemitraan CSR Bukit Asam, Listati menjelaskan pihaknya melalui SIBA Tanjung Enim hanya menyediakan bibit rosela saja untuk di tanam kepada masyarakat.

"Kita hanya menyediakan bibit rosela hanya dalam periode 1 kali saja, apabila masyarakat sudah berhasil membudidayakan maka agar para petani binaan melakukan penanaman kembali di periode berikutnya, " ujarnya.

Listati menambahkan, CSR PT BA melalui SIBA siap membeli hasil panen rosela hasil binaan petani PT BA dan Kadin Muara Enim menjadi olahan varian minuman dan teh untuk dipasarkan secara luas.

"Apalagi ini tanaman obat tidak menutup kemungkinan apabila ini sukses maka tanaman dari olahan Rosela ini bisa menjadi Icon Muara Enim selain Kopi," pungkasnya. (Deri)
Share:

1 komentar:

  1. Rosela banyak yg blm tau perlu sosialisasi dan manfaatnya serta kandungan gizinya dll

    BalasHapus


Portalsriwijaya.com

Arsip