Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Muaraenim Bersama Tim Pora Kabupaten Sidak PLTU Sumsel 1


Muaraenim, Portalsriwijaya.com - Jajaran Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Kabupaten Muara Enim bersama Tim Pora Pemkab Muara Enim melakukan Inspeksi Medadak (sidak) ke PLTU Sumsel 1 di Desa Tanjung Menang Kecamatan Rambang Niru Kabupaten Muara Enim, pada Senin (29/6/2020).

Kantor Imigrasi dan Tim Pora melakukan sidak menindaklanjuti perintah pelaksana tugas (Plt) Bupati Muara Enim H Juarsah SH tentang pengawasan orang asing di wilayah Kabupaten Muara Enim.

Kepala Imigrasi Klas ll Muara Enim, Made Nur Hepi SH MAP didampingi Kepala Seksi Intelejen dan Penindakan Imigrasi Klas ll Non TPI, Machmudi mengatakan, sidak dilakukan menindaklanjuti perkembangan sengketa kerja antara pekerja lokal dan tenaga asing di PLTU Sumsel 1.

"Kita melakukan inspeksi mendadak bersama dinas terkait yang tergabung dalam tim pora dibentuk pak Plt Bupati sebagai leading sektornya Imigrasi Muara Enim ke perusahaan PLTU Sumsel-1 di Desa Tanjung Menang," ujar Made saat memberikan keterangan di kantor Imigrasi Muara Enim.

Made menjelaskan dari hasil sidak tesebut pihaknya bersama dinas terkait sempat tidak diizinkan security agar tidak masuk ke dalam PLTU Sumsel-1 namun setelah berkoordinasi akhirnya diizinkan masuk dan disambutan langsung oleh Mr Lie bersama penerjemah l.

"Kita sempat miss komunikasi dan tidak boleh masuk, tetapi setelah kita berkoordinasi akhirnya kita berhasil masuk dan disambut langsung oleh menejemen PT SGLP Mr Lie. Lalu yang bersangkutan meminta maaf atas miss komunikasi tersebut dan kita pun memohon maaf atas kunjungan tersebut karena tidak berkoordinasi lebih dahulu," kata Made.

Lebih jauh Made menjelaskan, dari hasil sidak dilakukan pihaknya itu diketahui ada 35 tenaga kerja asing (TKA) asal china dan petugas melakukan tugas sesuai tugas pokok dan fungsi (tupoksi) masing-masing.

"Kita sidak dan data diketahui total ada 35 orang TKA asal china, rata-rata mereka tersebut tenaga ahli perusahaan bukan tenaga kasar, sedangkan dari lokal ada kurang lebih 100 orang berkerja di sana," lanjutnya.

Dari hasil sidak tesebut pula pihaknya menemukan sejumlah TKA yang belum memutasi Kartu Izin tinggal terbatas (KITAS) ke Imigrasi Klas ll Non TPI Muara Enim.

"Ada beberapa orang TKA belum memutasi KITAS nya ke Imigrasi Muara Enim, bersal dari Provinsi Bengkulu dan Bekasi, karena terhambat masalah Covid-19, yang bersangkutan tidak mengikuti perkembangan kalau kantor kita sudah buka kembali terhadap pelayanan publik, sudah kita arahkan untuk segara meng Upgrade Kitas mereka ke Imigrasi klas ll Non TPI," tegasnya.

Hal senada disampaikan Kepala Dinas Ketenagakerjaan Muara Enim, Hj Herawati SH kepada Portalsriwijaya.com saat di konfirmasi melalui via telpon seluler yang membenarkan telah melakukan sidak bersama Imigrasi Klas ll Non TPI Muara Enim.

"Ya benar hari ini kita bersama Imigrasi, Dinas Ketenagakerjaan, Dinkes, Kodim dan Polres melakukan sidak ke PLTU Sumsel 1. Dalam sidak kita memberikan penyuluhan dan pembinaan terhadap orang asing sesuai dengan undang undang yang berlaku," pungkasnya. (Deri)
Share:

0 komentar:

Posting Komentar


Portalsriwijaya.com

Arsip