Desa Pangkul Buka Kursus Komputer Gratis Bagi Warganya dan Masyarakat Kota Prabumulih


Prabumulih, Portalsriwijaya.com - Setelah dinyatakan sebagai desa pertama tangkal covid 19, kini Desa Pangkul Kecamatan Cambai kota Prabumulih kembali membuat terobosan terbaru dengan membuka kursus komputer gratis bagi warganya.

Ratusan pendaftar mengikuti kursus komputer gratis bagi warga yang belum memahami atau dalam kata lain gagap teknologi (gaptek). Tidak hanya bagi putra-putri desa Pangkul namun juga bagi warga Prabumulih maupun luar Prabumulih.

Kepala Desa Pangkul Kota Prabumulih, Jakaria Yadi SH mengatakan, jika pemerintah desa Pangkul membuka peluang besar bagi putra-putri khususnya desa Pangkul untuk belajar komputer selama 3 bulan tanpa dipungut biaya alias gratis.

"Kita selaku pemerintah desa Pangkul menginginkan generasi muda mempunyai kemampuan pendidikan komputer khususnya putra putri desa di sini yang ingin kursus secara gratis tanpa dipungut biaya sepeserpun," kata Kades Pangkul.

Ditanya Fasilitas dan sarana yang disiapkan dan syarat pendaftaran, Jakaria Yadi menerangkan, sebanyak 10 komputer di siapkan bagi yang ingin kursus baik bagi masyarakat Prabumulih maupun luar kota Prabumulih.

"Untuk sementara kita menyediakan 10 komputer dulu dan kalau peminat nya banyak maka akan kita tambah dengan bekerjasama dengan lembaga LPBIK Widya yang sudah di akui oleh negara bahkan di kota prabumulih karena pada dasarnya kemampuan untuk menggunakan komputer mereka sudah teruji bahkan bisa dijamin pengeluaran sertifikatnya dan untuk persyaratan nya  cukup membawa KK maupun KTP bagi yang ingin kursus di Desa Pangkul," lanjutnya.

"Sejauh ini sudah 100 orang pendaftar yang kita terima dan tidak ada batas karena ini untuk masyarakatnya sendiri dengan menjadwalkan satu hari  20 orang untuk belajar yang dibagi 2 gelombang kelas pagi dan siang serta apabila selama 3 bulan dinyatakan menguasai komputer maka akan keluar sertifikat resmi dari yayasan LPBIK Widya," jelasnya.

Sementara itu, Sella selaku pelajar desa pangkul mengungkapkan, rasa terimakasih dan bangga terhadap pemerintah desa setempat membuka peluang belajar komputer gratis bagi masyarakat desa pangkul dan sekitarnya.

"Sangat senang karena sebelum tidak ada di desa Pangkul kursus seperti ini karena selama ini kalau mau kursus harus keluar dengan jarak yang jauh dari desa pangkul, kita juga tak perlu repot mengeluarkan biaya karena selama ini kan kita harus membayar sekarangkan semuanya harus online baik di sekolah maupun di kantor namun dengan adanya fasilitas kursus gratis yang disediakan pemerintah desa Pangkul tak perlu susah lagi untuk mendalami belajar komputer," tegasnya saat diwawancara, Senin (22/06/2020).

Kepala Desa Pangkul juga menambahkan, harapan besar untuk putra putri khususnya desa pangkul bisa memahami dan mendalami komputer.

"Harapan kita agar semua putra putri desa Pangkul bisa memahami pendidikan komputer dan tidak ada lagi yang gaptek sehingga tanpa sengaja bisa menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang bisa digunakan kelak," harapnya.(Ing)
Share:

0 komentar:

Posting Komentar


Portalsriwijaya.com

Arsip