7 Pedagang Pasar PTM Kota Prabumulih Dinyatakan Reaktif Rapid Test


Prabumulih, Portalsriwijaya.com - Dari sekitar 30 orang pedagang dilakukan rapid tes oleh Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid dan Dinas Kesehatan kota Prabumulih, diketahui sebanyak 7 oranf dinyatakan reaktif.

Menindaklanjuti hal itu Kepala Dinas Kesehatan Pemkot Prabumulih, dr Happy Tedjo dan jajaran bersama Kepala UPTD Pasar, Gunawan dan rombongan Damkar melakukan penyemprotan dibeberapa titik pasar yang ada di PTM 1 Kota Prabumulih.

Kepala Dinas Kesehatan melalui Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, Djoko Listiano mengatakan, jika pagi ini ditemukan 7 orang pedagang pasar yang reaktif hasil rapid test yang terdapat di Pasar PTM.

"Setelah dibeberapa tempat dilakukan rapid test seperti di mall, pasar kalangan, cafe dan ini yang terakhir di PTM pasar kota pagi hari ini, kita menemukan 7 orang pedagang dinyatakan reaktif rapid test dari 30 sampel yang dilakukan secara acak," Kata Djoko Listiano.

Ditanya apakah para pedagang reaktif itu masuk dalam tracking kasus baru impor atau lokal, Joko menerangkan, jika belum diketahui karena berdasarkan rapid test ini baru reaktif dan belum bisa dinyatakan positif virus Corona atau tidak.

"Untuk kasus baru, impor atau lokal belum diketahui karena berdasarkan rapid test ini reaktif namun belum bisa dinyatakan positif virus Corona karena untuk memastikannya perlu di swab untuk mendeteksi apakah itu virus Corona atau bukan," terangnya.

Terkait 7 pedagang itu Joko mengaku pihaknya akan menindaklanjuti dengan melakukan swab. "Untuk menghindari penyebaran covid 19 maka akan kami Lakukan swab ke rumah atau ke tempat yang bersangkutan guna memastikan mereka terjangkit atau tidak virus Corona. Terhadap pedagang yang reaktif rapid test itu agar dapat mengisolasi diri selama 14 hari guna memutus mata rantai penularan covid 19," ucap Djoko Listiano selaku Kabid Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kota Prabumulih.

Sementara itu Kepala Pasar Kota Prabumulih, Gunawan Nopindra mengungkapkan, hari ini di pasar PTM sudah dilakukan penyemprotan dan akan dilakukan menyeluruh sesuai dengan perintah atasan.

"Terkait adanya pedagang pasar PTM yang reaktif hari ini kita melakukan penyemprotan disinfektan oleh damkar bersama dinas kesehatan Kota Prabumulih akan dilakukan secara menyeluruh dan diharapkan kepada seluruh pedagang tetap lakukan protokol kesehatan agar kedepannya tidak ada lagi Corona di kota Prabumulih ini," harapnya.(Ing)
Share:

0 komentar:

Posting Komentar



Portalsriwijaya.com

Arsip