Direktur RSUD Prabumulih Ungkap Tanaman Toga Bisa Cegah Virus Corona


Prabumulih, Portalsriwijaya.com - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Prabumulih selalu siaga dan menyiapkan tiga ruang isolasi bagi warga jika ada terindikasi virus corona, meskipun fasilitas kesehatan di Prabumulih itu tidak masuk dalam salah satu rumah sakit rujukan.

Direktur RSUD Prabumulih, dr Efrizal mengatakan jika petugas RSUD selalu siap siaga meski hanya menerima pasien serta bukan menjadi rujukan salah satu rumah sakit di Sumatera Selatan untuk pasien terindikasi corona.

"Saat ini RSUD menyiapkan ruang isolasi untuk pemeriksaan bagi pasien yang terdapat gejala-gejala mirip virus corona, perugas kita siaga," katanya kepada wartawan, Rabu (4/3/2020).

itanya kenapa RSUD Prabumulih saat ini bukan menjadi salah satu rumah sakit yang menjadi rujukan, dr Efrizal menjelaskan jika hanya ada 4 rumah sakit yang saat ini menjadi rujukan terhadap pasien yang punya gejala pada virus corona di Sumsel.

"Lubuk Linggau, Lahat, Kayu Agung dan Palembang, RSUD Prabumulih bukan rujukan dan kita mengajurkan sebaiknya ke sana tapi kalau untuk pemeriksaan kita bisa karena kita siapkan ruangan sejak lama," bebernya.

Baca Juga : Siapkan Makanan Sambut Pulang Umroh, Justru Berurai Air Mata

Menurut Direktur RSUD, virus corona sebenarnya bisa disembuhkan fan dihindari dengan mencerminkan perilaku hidup sehat dengan selalu mencuci tangan, olahraga ringan dan mengkonsumsi beberapa tanaman toga seperti jahe, kunyit serta temulawak.

"Tanaman toga itu bisa meningkatkan daya tahan tubuh seseorang sehingga dapat melawan virus tersebut," tegasnya.

Sementara itu, Walikota Prabumulih, Ir Ridho Yahya MM mengaku bersyukur Gubernur menyatakan saat ini wilayah Sumatera Selatan bebas dari virus tersebut.

"Untuk virus corona kota prabumulih antisipasi saja jika ada warga yang merasakan gejala-gejala tersebut segera ke puskesmas dan telpon 119 yang melayani 24 jam guna kita mencegah, jangan sudah terjadi baru dilakukan pengobatan," ungkap Ridho.

"Kalau ada warga yang merasakan pilek maupun panas mendadak di malam hari telpon saja 119 dan tidak dipungut biaya sama sekali dan alhamdulillah Prabumilih negatif corona dan keuntungannya kita cuaca yang panas karena virus tersebut identik terhadap tempat yang dingin," ujarnya berharap seluruh masyarakat berdoa jangan sampai terjadi di kota Prabumulih dan warga diharapkan jangan terlalu panik. (Ing)
Share:

0 komentar:

Posting Komentar


Portalsriwijaya.com

Arsip