Waspada Virus Corona, Dinas Kesehatan Prabumulih Sebar Edaran Hati-hati

Ruang Isolasi

Prabumulih, Portalsriwijaya.com - Virus corona merupakan virus mematikan yang berasal dari negara china dan saat ini sudah mulai menyebar ke negara lain terutama indonesia.

Dengan adanya virus corona ini Dinas Kesehatan Pemerintah Kota Prabumulih mengeluarkan surat edaran ke seluruh Puskesmas bahkan masyarakat untuk tetap waspada dan melakukan pencegahan terhadap virus mematikan ini.

Kepala Dinas Kesehatan Pemkot Prabumulih, dr H Happy Tedjo Tjahyono mengatakan, rumah sakit umum daerah sudah menyiapkan ruang isolasi dan tenaga medis ahli terkait penanggulangan virus tersebut.

"Kita sudah mengeluarkan surat edaran setelah diadakan rapat dengan pihak rumah sakit untuk menyiapkan ruang khusus dan tenaga medis ahli guna menanggulangi dan mencegah virus yang menular tersebut," kata pria yang akrab disapa dr Tedjo ini kepada Portalsriwijaya.com, Jumat (31/01/2020).

Ketika ditanya apakah sudah ada dugaan warga asing yang mengidap virus corona, Kepala Dinas Kesehatan menjelaskan, kalau untuk pasien di Prabumulih belum ada namun pencegahan untuk menanggulangi virus ini sudah disiapkan oleh pihak rumah sakit.

"Kasus ini sama seperti flu burung atau sars namun efek kematian akibat virus ini lebih cepat dibandingkan yang lainnya karena menyerang paru-paru yang menyebakan infeksi," jelas tedjo.

Sementara itu Kepala Ruangan Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSUD kota Prabumulih, dr Dwinta mengungkapkan, sejauh ini pihak rumah sakit sudah menyiapkan tiga ruang isolasi demi meningkatkan kewaspadaan dan kesiagaaan terhadap virus corona.

"Kita sudah menyiapkan tiga ruang isolasi khusus di rumah sakit ini untuk pasien yang nantinya mengidap virus corona dan tenaga medis ahli. Kita juga membentuk tim dari dokter, perawat dan petugas lainnya guna menindaklanjuti virus tersebut," ucapnya.

"Apabila ternyata ada pasien terindikasi virus corona maka untuk tindak selanjutnya akan kami pindahkan ke rumah sakit Palembang karena dari alat medis disana dinyatakan lebih lengkap," bebernya. (Ing)
Share:

0 komentar:

Posting Komentar


Portalsriwijaya.com

Arsip