Lembaga Sosial Kemasyarakatan YIMI Bantu Biaya Persalinan Kepada Pasien Kurang Mampu



Prabumulih, Portalsriwijaya.com - Lembaga Sosial Kemasyarakatan Yayasan Insan Merdeka Indonesia (LSK YIMI) secara resmi memberikan bantuan donasi Kepada pasien RSUD yang kurang mampu.

Keluarga tak mampu itu yakni Fitri dan Dede. Fitri yang merupakan istri dari Dede yang bekerja sebagai kuli bangunan melahirkan anak pertama dengan tidak mengantongi identitas berupa KTP dan KK

Nunung Damayanti selaku Ketua LSK YIMI mengatakan, kesulitan dialami fitri tidak memgantongi identitas pribadi yang berupa KK dan KTP.

"Awalnya kita dapat telepon dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) meminta tolong untuk mengurus identitas pribadi berupa KK dan KTP pasien dikarenakan pihak rumah sakit kebingungan untuk menyelesaikan administrasi kependudukan persalinannya dan ternyata setelah di ketahui masih terdaftar warga Muara Enim dan belum ada surat pindah," jelas Nunung.

Dijelaskannya Fitri bersama suami tinggal di daerah Nias Kota Prabumulih menumpang secara gratis di rumah seorang kakek setelah kita lakukan survei kelapangan.

"Kita survei kelapangan ternyata dia kurang mampu dengan menumpang di rumah seorang kakek bersama suaminya yang tinggal di daerah Nias depan Rumah Dinas Walikota Prabumulih.

"Untuk biaya persalinan pihak Rumah sakit sudah mengurangi biaya dan alhamdulilah Tim LSK Yimi bisa membantu 2,6 juta Rupiah dan setelah ini kita urus identitas kependudukan agar bisa mempermudah urusannya," tegasnya.

Sementara itu Direktur Rumah Sakit Umum Kota Prabumulih melalui Kepala Bagian Tata Usaha Adi Kuanto mengungkapkan, kalau pihak rumah sakit kebingungan untuk mengurus administrasi kependudukan untuk biaya persalinan.

"Sebenarnya pasien ini sendiri yang memilih secara umum setelah ditanya biaya administrasi persalinan ternyata tidak mampu dan tidak punya jaminan kesehatan, KK dan KTP," kata Adi saat diwawancara Rabu (22/01/2020).

"Untuk memberikan kemudahan terhadap pasien bernama Fitri langsung menghubungi Tim LSK YIMI untuk mengurus kartu kependudukan untuk persalinan dan pihak Rumah Sakit juga sudah mengurangi biaya persalinan guna memperingan beban pasien tersebut," ucap Adi.

Fitri selaku pasien RSUD mengucapkan terima kasih kepada pihak terkait karena telah membantu biaya persalinan maupun perlengkapan bayi.

"Terima kasih kepada LSK Yimi dan Rumah sakit telah membantu kami dalam mengurus persalinan," pungkasnya.(Ing)
Share:

0 komentar:

Posting Komentar


Portalsriwijaya.com

Arsip