Malam Jelang Imlek, Puluhan Umat Budha Prabumulih Gelar Ritual Keagamaan di Vihara Prajna Maitreiya


Prabumulih, Portalsriwijaya.com - Malam jelang Tahun Baru Imlek puluhan umat beragama budha lakukan ritual yang dilaksanakan di Vihara prajna Maitreiya berada depan Kantor Lurah Pasar 1 Prabumulih Utara.

Ratusan lampion warna warni menghiasi vihara khas dari perayaan imlek yang setiap tahunnya diperingati umat beragama Budha.

Ketua Perwakilan Umat Budha Indonesia (walubi) Kota Prabumulih Dr. Suandi mengatakan, tahun baru imlek ini merupakan tahun baru yang penuh dengan keceriaan.

"Semoga di Tahun ini lebih baik dari tahun sebelumnya karena masyarakat thionghoa menyebutnya dengan shio tikus yang merupakan shio tertinggi dari shii yang lainnya," kata Suandi.

Ditanya target lampion tahun ini Ketua Walubi Kota Prabumulih mengungkapkan, festival maupun lampion di prabumulih hanya festival yang kecil.

Untuk tahun ini hanya menyediakan 100 lampion saja dan yang paling banyak ada pada vihara prajna Maitreiya dengan makna sebagai penerang umat manusia dari kegelapan dan melambangkan keceriaan karena shio tikus ini memang kecil namun shio yang paling tinggi dari yang lainnya,"jelasnya.

"Kami masyarakat thionghoa juga mengharapkan semoga umat Budha bisa mencapai penerangan dan lebih baik lagi dari tahun sebelumnya bersihkan hati sehingga rezeki bisa datang kepada kita,"ucapnya.

Secara Terpisah, Kapolsek Prabumulih Barat AKP Murshal menyatakan kalau pengamanan menjelang Tahun Baru imlek masih kondusif dan aman.

"Malam ini kita fokus pada 1 titik vihara yakni vihara prajna maitreiya pada malam ini kita selalu standby sampai lakukan ritual bersama umat budha lainnya karena toleransi dan kekeluarga antar umat beragama di prabumulih masih tinggi,"ungkap AKP Murshal saat diwawancara, jumat (24/01/2020).

"Polres Prabumulih sendiri mengerahkan 20 personil demo keamanan menjelang hari raya esok sampai puncak tahin baru imlek,"tandasnya.(Ing)
Share:

0 komentar:

Posting Komentar


Portalsriwijaya.com

Arsip