Unik, Kelurahan di Prabumulih Ini Terapkan Harus Bawa 'Pohon Cinta' Bagi Pasangan Urus Surat Nikah

Seorang calon pengantin ketika berikan bibit pohon

Prabumulih, Portalsriwijaya.com - Jika di kantor kelurahan para pasangan pengantin yang akan menikah mengurus surat menyurat ala kadarnya, di Kelurahan Gunung Ibul Barat (GIB) justru berbeda dan unik.

Pasangan pengantin yang akan menikah harus membawa sebuah bibit pohon untuk diberikan dan ditanam di areal kelurahan dengan istilah pohon cinta.

Gebrakan ini dikeluarkan Lurah Kelurahan Gunung Ibul Barat, Joko Arif kepada masyarakatnya yang akan melangsungkan pernikahan dan mengurus surat menyurat di Kelurahan.

Lurah Kelurahan Gunung Ibul Barat, Joko Arif mengimbau kepada yang ingin menikah diwajibkan agar membawa pohon cinta dengan tujuan untuk kenang-kenangan sekaligus penghijauan.

"Inovasi ini kami terapkan untuk penghijauan, tidak hanya pohon namun juga tanaman obat keluarga (Toga), jadi pasangan pengantin yang mengurus surat pernikahan diwajibkan untuk membawa bibit yang kami namakan pohon cinta," kata pria yang akrab disapa Arif ini.

Program yang baru berjalan selama lima bulan ini menurut Arif, alhamdulilah banyak mendapat dukungan dari masyarakat dan pasangan pengantin. Nantinya bibit pohon cinta ini akan diletakkan di kantor kelurahan GIB dan sekitarnya.

"Kita akan memanfaatkan pohon cinta ini agar bermanfaat dan menjadi nilai lebih bagi masyarakat ataupun perlombaan yang sering diadakan Pemkot Prabumulih," tutur Arif.

"Inspirasi program pohon cinta ini juga mempunyai makna bagi pasangan yang baru menikah dengan menggambarkan suatu tanam tumbuh baru yang dirawat akan semakin subur begitupun dengan pernikahan yang baru dimulai dengan cinta yang semakin bersemi dari pasangan tersebut," jelasnya.

Sementara itu pasangan pengantin yakni Jery mengaku sangat mendukung program diterapkan kelurahan itu karena terkesan unik dan mempunyai manfaat bagi penghijauan.

"Saya sangat mendukung karena tidak terlalu berat hanya membawa bibit tanaman bebas tidak ditentukan dan manfaatnya juga digunakan untuk penghijauan yang ada di wilayah gunung ibul barat ini," ungkapnya pria yang merupakan anggota Yonzipur 2 ketika dibincangi saat mengurus surat pernikahan di kelurahan GIB.(Ing)
Share:

0 komentar:

Posting Komentar


Portalsriwijaya.com

Arsip