Popo Ali Beberkan Target Periode Kedua Jadi Bupati, Fokus Jadikan OKU Selatan Bersinar


OKU Selatan, Portalsriwijaya.com - Bupati OKU Selatan Popo Ali Martopo BCom membeberkan target dan visi misi menjadi Bupati periode kedua di hadapan jajaran dewan dalam paripurna di gedung DPRD OKU Selatan, pada Selasa (02/03/2021) lalu.

Popo mengungkapkan, dalam 100 hari pertama kerja, dirinya dan Wakil Bupati akan lebih focus penanganan dan memprioritaskan untuk meminimalisir risiko penyebaran Covid-19 agar perekonomian masyarakat kembali meningkat.

"Kita juga akan fokus terhadap dampak bencana alam dan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) dan beberapa masalah lainnya," kata Popo.

Suami Isyana ini mengaku selain persoalan itu pihaknya juga akan terus komitmen memajukan sektor pariwisata di Kabupaten OKU Selatan, pengembangan wisata alam dan sport touris untuk lebih memberikan rasa nyaman ketika berkunjung ke Kabupaten OKU Selatan.

"Indeks Pembangunan Manusia (IPM), Pertumbuhan Ekonomi dan penuntasan angka kemiskinan serta lainnya menjadi perhatian serius Pemerintah Kabupaten OKU Selatan kedepan," jelasnya seraya menuturkan akan terus berusaha mewujudkan Kabupaten ‘OKU Selatan Bersinar’.

Pria yang menyelesaikan study atau lulusan universitas di Australia ini menuturkan, visi OKU Selatan Bersinar memiliki artian bahwa Pemkab OKU Selatan dapat menerangi dan memberikan cahaya serta harapan besar bagi masyarakat dalam setiap gerak pembangunan yang aspiratif dan responsif untuk masa depan yang cerah.

"Untuk mencapai visi ini kita telah merumuskan dan menetapkan empat target makro antara lain Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang menjadi indikator yang penting dalam melihat sisi lain dari pembangunan, IPM juga dapat menentukan peringkat atau level pembangunan wilayah," terangnya.

Sejak tahun 2015 IPM Kabupaten OKU Selatan secara umum terus mengalami peningkatan setiap tahunnya, pada tahun 2018 mencapai 64,84 persen dan termasuk dalam kategori sedang atau menengah.

"Pada tahun 2026 IPM OKU Selatan ditargetkan sebesar 69,00 persen, IPM dan Indeks Gini ini diharapkan akan berimbas pada pertumbuhan ekonomi di Kabupaten OKU Selatan yang pada tahun 2026 pertumbuhan ekonomi ditarget mencapai 5,45 persen. Berbagai hal ini pula, diharapkan juga dapat berimbas pada penurunan angka kemiskinan yang ditargetkan berada pada sekitar angka 8,45 persen pada 2026," jelasnya.

Bupati OKU SelatanSelatan itu menjelaskan, untuk mencapai misi OKU Selatan Bersinar ini juga ada empat visi yang akan ditempuh diantaranya mengembangkan ekonomi rakyat berbasis agro wisata, jasa dan sumber Daya Alam, mewujudkan reformasi birokrasi berdasrakan pelayanan masyarakat, menciptakan kondisi investasi yang kondusif yang dapat membantu perekonomian masyarakat serta meningkatkan kondisi infrastruktur yang baik.

"Untuk itu mari berkomitmen bersama, karena kemajuan dan kesejahteraan masyarakat OKU Selatan merupakan tanggungjawab kita bersama, kita tentunya berharap kedepan OKU Selatan akan semakin bersinar," bebernya.

Visi dan misi tersebut nantinya akan dituangkan dalam Rencana Pambangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) sesuai Pasal 19 ayat 3 UU Nomor 25 tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan nasional paling lama tiga bulan setelah kepala daerah dilantik.

"Untuk mencapai visi dan misi ini, tentunya kami sangat mengharapkan bimbingan dari Gubernur Sumsel serta dukungan dari semua pihak baik jajaran Pemerintah Daerah, Forkopimda maupun seluruh elemen masyarakat agar kami dapat melaksanakan dan menjalankan amanah ini dengan baik," harapnya.

Popo Ali juga mengapresiasi berbagai pihak yang telah bekerjasama mensukseskan pilkada serentak di Kabupaten OKU Selatan dan mewujudkan Pilkada OKU Selatan yang kondusif. "Kami ucapkan terimakasih dan apresiasi kepada semua pihak yang berperan aktif sehingga pilkada di Kabupaten tercinta ini kondusif dan aman," tambahnya. (FR 86)
Share:

0 komentar:

Posting Komentar


Portalsriwijaya.com