Pelajar Tak Bisa Daring di Taman Prabujaya Akibat Kelakuan Tangan Jahil

Petugas perbaiki WiFi di taman Prabujaya


Prabumulih, Portalsriwijaya.com – Kesadaran masyarakat kota Prabumulih menjaga aset pemerintah sepertinya terus mengalami penurunan, terbukti beberapa fasilitas umum diberikan pemerintah justru dirusak.


Satu diantara fasilitas yang dirusak tersebut yakni fasilitas jaringan WiFi gratis yang dipasang Pemerintah kota Prabumulih melalui Dinas Komunikasi dan informasi (Diskominfo) di sejumlah wilayah Prabumulih. 


Fasilitas WiFi gratis disediakan Diskominfo mengalami rusak dan tidak berfungsi karena dirusak oleh oknum yang tidak bertanggung jawab seperti di kawasan Taman Kota Prabujaya Kecamatan Prabumulih Timur kota Prabumulih.


Kondisi tersebut dikeluhkan warga lantaran tidak bisa lagi menggunakan fasilitas WiFi untuk belajar daring anak-anak mereka mengerjakan tugas sekolah.


Begitupun para pelajar yang biasanya mengerjakan tugas melalui daring di taman Prabujaya menjadi terganggu dan tak bisa.


"Sudah beberapa kali, aku ngajak anak kesana untuk memakai fasilitas WiFi gratis yang ada di Taman Kota Prabujaya dekat kantor pak wartawan (PWI) karena sekalian bisa santai dan belajar daring, tetapi sudah 2 minggu belakangan ini tidak bisa masuk (offline), tidak tahu juga apa penyebabnya," ungkap Heru (32), warga Sukajadi kepada wartawan pada Jumat (12/03/2021).


Heru menduga putusnya jaringan internet yang ada di sekitar Taman Prabujaya karena tangan jahil dari orang yang tidak bertanggung jawab yang memutuskan kabel.


"Kerusakan ini juga sudah sering, harapan kita semoga pemerintah kota melalui petugas Satpol PP yang sering berjaga di sekitar lokasi tersebut agar lebih meningkatkan pengawasannya sehingga tidak terus terjadi," harapnya.


Sering rusaknya fasilitas WiFi tersebut dikeluhkan sejumlah wartawan di kota Prabumulih lantaran kantor PWI berada di areal taman Prabujaya sering ramai awak media memproduksi berita alias mengetik. Dengan adanya kerusakan membuat para kuli tinta yang mengetik di Markas PWI menjadi tidak bisa mengirim dan mengedit berita.


"Kalau rusak begini kan susah semua tidak hanya kita tapi juga masyarakat, untuk itu kami imbau masyarakat khususnya oknum tak bertanggungjawab agar sama-sama menjaga fasilitas WiFi yang telah disediakan oleh pemerintah kota khususnya yang ada di Taman Prabujaya ini," ungkap Ketua PWI Kota Prabumulih, Mulwadi.


Sementara, pegawai teknisi Telkom Prabumulih, Riski membenarkan, jika kerusakan yang terjadi pada kabel fiber indihome (WiFi) Taman Prabujaya hingga menyebabkan jaringannya terganggu karena dirusak orang.


"Sekitar 2 minggu lalu jaringan internet ini rusak akibat kabel fibernya putus dan sudah kami diperbaiki, ini yang ke 2 kali kami memperbaikinya. Untuk penyebab kerusakan sama seperti yang pertama, akibat kabel fiber dirusak orang yang tidak dikenal," katanya.

 

Terpisah, Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Kota Prabumulih, Drs Mulyadi Musa MSi saat dikonfirmasi melalui pesan singkat WhatsApp mengatakan, fasilitas WiFi yang disediakan oleh pemerintah kota Prabumulih untuk bisa digunakan bersama.


"Fasilitas tersebut adalah milik kita bersama, maka wajib kita jaga dan jangan sampai dirusak orang yang tidak bertanggung jawab. WiFi sangat dibutuhkan kan oleh banyak pihak, apalagi di masa Pandemi Covid-19 ini. Mohon kiranya apa yang menjadi fasilitas Pemerintah untuk bersama kita jaga," tulis Mulyadi.(Ril/Ing)

Share:

0 komentar:

Posting Komentar


Portalsriwijaya.com