82 Rumah Warga Tiga Desa dan Satu Kelurahan di Prabumulih Disapu Angin Puting Beliung


Prabumulih, Portalsriwijaya.com - Sebanyak 68 rumah di tiga desa dan satusatu kelurahan di Kecamatan Rambang Kapak Tengah (RKT) Kota Prabumulih disapu angin puting belitung.

Angin puting beliung menyapu luluhan atap rumah warga ketika hujan deras pada Rabu (23/9/2020) sekitar pukul 19.30.

Adapun rincian rumah rusak sebanyak 65 rumah di Desa Talang Batu terdiri dari 30 rumah mengalami rusak parah dan 35 rumah mengalami kerusakan ringan. Sementara 10 rumah lainnya di Desa Jungai Kecamatan RKT, 1 rumah di kelurahan Tanjung Rambang dan 6 rumah di desa Karang Bindu.

Selain merusak puluhan rumah, angin puting beliung juga membuat pohon roboh yang menimpa rumah dan kuburan.

Beruntung akibat kejadian tersebut tidak ada korban jiwa yang tertimpa atap atau pohon yang roboh. Namun akibat peristiwa tersebut warga mengalami kerugian memcapai puluhan juta rupiah.


Kades Talang Batu, Sahril Kenedi melalui Sekretaris Desa, Nova Maladewi didampingi kasi Keuangan, Noni membenarkan adanya 60 rumah mengalami rusak parah dan ringan akibat angin puting belitung tersebut.

"60 rumah itu 30 rusak parah dan 30 rusak ringan, kejadian angin puting beliung itu sekitar 30 menit. Alhamdulilah tidak ada korban jiwa tapi kerugian puluhan juta," ujarnya.

Nova Meladeni mengaku angin puting beliung kata warga berputar mengangkat atap-atap rumah yang dilalui dan merobohkan puluhan pohon. "Jadi dari arah dusun 1 ke dusun 2, rumah dilalui tersapu angin semua," katanya seraya mengatakan peristiwa itu telah dilaporkan ke pemerintah kota Prabumulih.

Sementara itu, Kepala Desa Jungai, Iskandar juga membenarkan ada sekitar delapan rumah warga di desanya yang terkena sapuan angin kencang. "Di desa Jungai ada sekitar 8 rumah yang disapu angin disertai hujan deras," katanya.

Walikota Prabumulih H Ridho Yahya mengetahui peristiwa itu langsung memerintahkan asisten 3 dan kepala dinas sosial untuk meninjau serta mendata warga terken musibah agar bisa diberi bantuan.

"Kita bantu nanti, asisten 3 dan kadinsos telah kita perintahkan turun lapangan untuk mendata warga," katanya. (PS01)
Share:

0 komentar:

Posting Komentar


Portalsriwijaya.com