Mahasiswa KKN UIN Gelar Lomba Nuansa Islami di Banuayu, Camat & Kades Beri Apresiasi


Muaraenim, Portalsriwijaya.com - Untuk memperingati Isra' Mi'raj 1444 Hijriah dan mempererat tali silaturahmi antar masyarakat, mahasiswa KKN UIN Raden Fatah Palembang khususnya kelompok 147 menggelar Banuayu Islamic Competition 2023.


Kegiatan yang diselenggarakan selama dua hari pada tanggal 20-21 Februari tersebut dibuka secara langsung oleh Kepala Desa Banuayu, Rasuti Alamsyah, Ketua BPD Edy Arafik dan perangkat desa lainnya.


Event Banuayu Islamic Competition itu sendiri memperlombakan delapan tangkai perlombaan antara lain lomba azan, cerdas cermat regu, Hafalan Qur'an Anak, Hafalan Qur'an Remaja, Kaligrafi, Tertil, Tilawah Anak dan Tilawah Remaja.

Ketua Panitia, Sofyan Ar Rasyid kepada wartawan mengungkapkan kegiatan Banuayu Islamic Competition tersebut kegiatan tersebut dalam rangka memperingati Isra' Mi'raj dan ajang silaturahmi masyarakat dewasa.


"Melalui kegiatan ini harapan kita bisa menambah semangat muslim dan muslimah di Desa Banuayu dalam meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah SWT khususnya dalam membaca, menghafal dan mengamalkan al-Qur’an," ungkap Rasyid.


Rasyid menuturkan, pihaknya bersyukur kegiatan tersebut mendapat sambutan antusias masyarakat terlihat dari banyaknya peserta yang mengikuti. "Kami berharap kegiatan seperti ini terus dilakukan masyarakat di Desa Banuayu sehingga generasi muda cinta agama dan terhindar dari hal-hal yang menyimpang termasuk pergaulan bebas dan lainnya," tuturnya.

Kepala Desa Banuayu, Rasuti Alamsyah mengakui kegiatan tersebut banyak manfaatnya karena selain belajar membaca al-Qur’an juga dapat meningkatkan silaturahmi antar warga. 


"Mungkin ada beberapa warga atau anak-anak yang tidak memiliki waktu untuk bersosial, berkat perlombaan ini mereka dapat bertemu dan bermain sekaligus belajar mengembangkan ilmu-ilmu tentang al-Qur’an," ujar Kepala Desa.


Terpisah, Camat Empat Petulai Dangku Kabupaten Muaraenim, Arman Sarijaya mengapresiasi perlombaan yang digelar oleh mahasiswa KKN UIN Fatah Palembang khususnya kelompok 147 tersebut.


"Dengan adanya seleksi ini tentunya nanti para peserta yang terpilih akan dikirim menuju perlombaan tingkat kecamatan mewakili Desa Banuayu," tuturnya seraya berterimakasih kepada para mahasiswa atas kegiatan itu. (05)

Share:

0 komentar:

Posting Komentar



Portalsriwijaya.com

Arsip