Mahasiswi Unbara Asal OKU Selatan Berhasil Membuat Kerupuk dari Biji Karet, Ini Cara Membuatnya


OKU Selatan, Portalsriwijaya.com - Seorang mahasiwi Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Baturaja yakni Oktarini, berhasil membuat Kerupuk dari biji karet.


Mahasiswi asal Kabupaten OKU Selatan itu mengungkapkan kerupuk dari olahan biji karet mengandung protein yang cukup tinggi dan asam amino esensial yang berguna bagi tubuh.

"Biji karet dapat dijadikan kerupuk, selain mengandung protein yang cukup tinggi dan mengandung asam amino esensial yang berguna untuk tubuh," ujar Oktarini kepada wartawan.


Untuk proses pembuatan kerupuk biji karet tidak terlalu sulit, dimana biji karet yang putih dibersihkan agar getahnya hilang.


"Kemudian bahan tersebut direndam agar racunnya hilang. Selanjutnya selama 30 menit direbus supaya steril, lalu dihancurkan dengan mesin penggiling," lanjutnya.

Tahapan selanjutnya, adonan diberi bumbu, dipipihkan dalam bentuk lembaran dan dipotong dalam bentuk kerupuk. 

"Proses selanjutnya, yaitu digoreng menggunakan minyak goreng dan diberi penyedap rasa serta dikemas, hingga keripik siap dipasarkan," katanya.


Adapun Resep Kerupuk biji karet

1. Bahan:

Biji karet yang sudah jatuh dari pohon nya (matang). 1000g

Tepung kanji 200g 

Tepung terigu 100g

Bawang merah

Bawang putih

garam 

penyedap rasa

ketumbar

2. Persiapan / alat:

Kantung plastik putih ukuran 1/2 kg

Penumbuk

Dandang

Pisau


3. Cara membuat:

~ Pecahkan cangkang biji karet (jangan sampai hancur daging nya) pilih yang cangkangnya mengkilat dan tidaak berlubang.

~ siapkan air dalam dandang untuk merebus,(didihkan air terlebih dahulu) masukan biji karet kedalam dandang rebus selama 45 menit dalam suhu 100 derajat C.

~ setelah di rebus cuci biji karet sambil membuang kulit ari putih nya dan buang bakal tuunas di tengah daging biji karet, cuci 3 kali rendam dan ganti air selama 3jam sekali (perendaman 1 hari)

~ rebus kembali selama 45 menit setelah selesai merebus angkat dan cuci dengan air.

~ siapkan bumbu bawang merah,bawang putih.ketumbar lalu blender.

~ angkat biji karet dari rendaman cuci lalu tumbuk dengan mencampur bumbu yang sudah di blender dan juga campurkan tepung kanji dan terigu buat sampai menjadi adonan masukan adonan ke plastik lalu ikat seperti bungkusan es batu, lalu rebus setelah matang dingin kan dan potong tipis lalu di jemur hingga kering.


Kesimpulan : Biji karet adalah salah satu bahan pangan yang belum dimanfaatkan maksimal. Selama ini, biji karet hanya dijadikan alat permainan anak-anak


PERINGATAN !!! jangan membuat secara sembarangan ikuti prosedur yang ada karna dapat menyebabkan keracunan jika tidak benar dalam mengolah.(FR86) 

Share:

1 komentar:


Portalsriwijaya.com