Puluhan Pedagang Keliling Terima Bantuan Gerobak dan Etalase


Prabumulih, Portalsriwijaya.com - Sebanyak 125 pedagang keliling dan pedagang kuliner mendapatkan bantuan gerobak dan etalase dari Pemerintah kota Prabumulih, Rabu (23/12/2020).

Tidak hanya gerobak dan etalase, 125 pedagang bahkan mendapatkan bantuan modal usaha sebesar Rp 1 juta dari Bank Sumsel Babel kota Prabumulih.

Bantuan secara langsung diberikan oleh Walikota Prabumulih H Ridho Yahya dan Kepala Cabang BSB Prabumulih di pendopoan rumah dinas Walikota Prab dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

"Kita sengaja memberikan bantuan etalase dan gerobak kepada pedagang bukan uang karena kita ingin memberikan pancing untuk berusaha bukan memberikan pancing," ungkap Ridho ketika diwawancarai usai pemberian bantuan.

Ridho menuturkan, pemerintah kota Prabumulih bisa saja memberikan bantuan uang setiap bulan kepada para pedagang namun hal itu tidak mendidik untuk berusaha tapi justru membuat masyarakat menjadi pemalas.

"Kalau bagi duit itu tidak mendidik dan membuat warga malas, makanya kita kasih alat usaha sehingga mereka bisa berusaha. Kita tidak mau warga kita jadi pengemis," tuturnya.

Sama seperti pemberian bantuan alat usaha sebelum-sebelumnya, Ridho mengaku pihaknya tetap membuat perjanjian kepada penerima bantuan agar tidak menjual dan menggunakan gerobak maupun etalase bantuan.

"Kalau dijual akan kita laporkan ke polisi, kita juga akan pantau jika tidak digunakan atau dimanfaatkan maka akan kita tarik lagi," bebernya seraya menuturkan pesagang yang dibantu memang berjualan dan diseleksi ketat.

Disinggung bantuan diberikan kepada masyarakat untuk usaha sudah sejak beberapa tahun lalu dan apakah masih banyak belum dibantu, Ridho menuturkan tiap tahun selalu banyak yang mengusulkan untuk itu pemkot Prabumulih akan terus membantu.

"Kita bantu setelah diverifikasi dan akan dilakukan pengawasan apakah usaha berjalan terus atau tidak," tambahnya.

Sementara itu pimpinan Bank Sumsel Babel kota Prabumulih, Tian Kedaumpu Yamin menyebutkan pihaknya bersinergi dengan pemerintah kota Prabumulih untuk memberikan bantuan UMKM di kota nanas.

"Tahun ini ada sekitar Rp 4,3 miliar bantuan yang kita kucurkan untuk kredit UMKM dengan capaian sudah 108 persen dari target," ujarnya. (01)
Share:

0 komentar:

Posting Komentar


Portalsriwijaya.com