Klarifikasi Kepala Rutan Prabumulih Terkait Tahanan Titipan Bunuh Diri


Prabumulih, Portalsriwijaya.com - Tahanan yang tewas gantung diri dalam kamar mandi Rumah Tahanan Kelas IIB Kota Prabumulih Sumatera Selatan.


Bernama Megi Saputra (31), seorang tahanan di Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB ditemukan tewas tergantung di WC Masjid. 


Tahanan tersebut baru dua bulan dibui karena kasus pencurian, dan statusnya masih tercatat sebagai tahanan karena vonisnya belum jatuh.


Megi sendiri ditemukan tewas oleh petugas Rutan Prabumulih pada Jumat (10/5/2024) sekitar pukul 13.00 WIB.


Kepala Rutan Kelas IIB Prabumulih, Zulkipli Bintang menjelaskan, Megi tercatat sebagai tahanan yang masuk pada 1 Maret 2024 atau baru 2 bulan 10 hari dibui.


Statusnya pun masih sebagai tahanan karena belum jatuh vonis dari majelis hakim. "MS ini statusnya masih tahanan karena belum jatuh vonisnya," katanya.


Sebelum jadi tahanan, Megi merupakan tersangka kasus pencurian. Megi merupakan warga Kampung IV Desa Gunung Megang Luar Kecamatan Gunung Megang Kabupaten Muara Enim.


Kepala Rutan Prabumulih Zulkifli Bintang mengungkapkan, Megi ditemukan meninggal dunia karena gantung diri di dalam WC masjid usai salat Jumat dengan alasan batal dan ingin mengambil air wudhu.


"Sebelum kejadian menurut kesaksian temannya, saat mau sholat Jumat beliau mengatakan jika mau mengambil air wudhu lagi dikarenakan batal karena kentut sehingga ketika itu temannya menyadari Megi tak kunjung kembali lalu dicari dan diperiksa sehingga mencari ke WC namun keadaan terkunci dan digedor tak ada jawaban sehingga mengambil inisiatif untuk mendobrak pintu WC yang berada didekat masjid ketika ternyata korban sendiri sudah dalam keadaan gantung diri dengan menggunakan baju yang ia pakai," ungkap Kepala Rutan Prabumulih.


Lanjutnya, "dari kejadian tersebut dikarenakan di WC tersebut sering dijadikan tempat para ustadz ke kamar mandi dan dari kejadian ini akan kita evaluasydan dilakukan pembongkaran agar kedepannya dapat digunakan untuk para petugas penjagaan dan napi lainnya," tandasnya.(Ing)

Share:

0 komentar:

Posting Komentar



Portalsriwijaya.com