Sejumlah Kelurahan di Prabumulih Ini Akan Jadi Percontohan Kelurahan Terang Pakai LED


Prabumulih, Portalsriwijaya.com -  Walikota Prabumulih Ir H Ridho Yahya mengungkapkan tahun ini akan menjadikan beberapa kelurahan di kota Prabumulih sebagai percontohan penerapan lampu listrik menggunakan Light Emitting Diode (LED).

Tak main-main, Pemerintah kota Prabumulih bahkan menganggarkan dana sebesar Rp 10 miliar untuk sejumlah kelurahan tersebut dipasang lampu LED menyeluruh.

"Tahun ini kita anggarkan sekitar Rp 10 miliar karena ada percontohan beberapa kelurahan seperti Pasar 1 dan 2, Mangga Besar, Prabujaya, itu jadi proyek percontohan kita menggunakan lampu LED," ungkap Ridho ketika diwawancarai wartawan, belum lama ini.

Orang nomor satu di kota Prabumulih itu menuturkan, tidak hanya melakukan pergantian seluruh lampu yang ada dan pemasangan di titik belum ada lampu, pihak ketiga juga nanti selama beberapa tahun akan bertanggungjawab dalam pemeliharaan.

"Kita minta selama lima tahun mereka (perusahaan pemenang tender-red) untuk jaminan pemeliharaan, jadi selama lima tahun itu mereka semua perawatan dan pemwliharaan, kita tidak pusing," tutur suami Ir Hj Suryanti Ngesti Rahayu itu.

Ridho mengatakan, pemkot Prabumulih tadinya berkeinginan proyek tersebut dilakukan tahun jamak dengan menganggarkan dana sebesar Rp 87 miliar namun jajaran DPRD Prabumulih tidak menyetujui.

"Tadinya keinginan tahun jamak saja tapi kawan-kawan (dewan) belum merestui, kalau keinginan kita selama lima tahun mereka yang perbaiki dan perawatan tapi nanti di tender kita lihat berapa tahun mereka nawar," jelasnya seraya mengatakan setelah beberapa tahun nantinya tinggal menganggarkan perawatan-perawatan saja.

Disinggung apakah lampu-lampu yang terpasang di beberapa kelurahan saat ini akan dilepas, Ridho mengakui lampu yang ada akan dilepas dan dipindahkan ke daerah-daerah yang belum ada lampu sementara yang dilepas diganti LED.

"Jadi kelurahan yang jadi percontohan itu lampunya akan dilepas diganti LED, lampu dilepas itu akan dipasang ke tempat belum ada lampu, tahun selanjutnya bergantian daerah atau kelurahan yang dipasang lampu begitu terus hingga tuntas seluruhnya," terangnya.

Lebih lanjut Ridho mengungkapkan tujuan pemasangan lampu LED selain hemat energi juga untuk membuat terang seluruh wilayah di kota Prabumulih ketika malam hari.

"Siapa tahu nanti kita ada pembangkit listrik dari gas maka akan hemat lagi, contoh rumah sakit kita sudah pakai lampu rooftop dan siapa tahu tahun depan gedung pemkot, jadi lebih hemat listrik," katanya.(CK)
Share:

0 komentar:

Posting Komentar


Portalsriwijaya.com