Pastikan Coklit Sesuai Prosedur, Bawaslu Prabumulih Lakukan Patroli Pengawasan


Prabumulih, Portalsriwijaya.com - Untuk memastikan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) dilakukan Pantarlih diawasi dengan baik, Komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Prabumulih melakukan patroli pengawasan ke beberapa wilayah di Prabumulih.


Seperti dilakukan Anggota Bawaslu Kota Prabumulih sekaligus Koordinator Divisi Hukum, Pencegahan Partisipasi Masyarakat dan Hubungan masyarakat (HP2H), Lia Siska Indriani SPd bersama Staf Panwascam dan Pengawasan Kelurahan dan desa (PKD) melakukan patroli pengawasan.


Patroli pengawasan itu dilakukan guna mengetahui sudah sejauh mana progres Coklit yang dilakukan oleh pantarlih dan memastikan dilakukan dengan benar sesuai prosedur yang tertuang dalam PKPU No 7 tahun 2024. 


"Kami melakukan pengawasan guna memastikan pencoklitan dilakukan Pantarlih berjalan dengan baik sesuai prosedur dan aturan yang ada," ungkap Lia kepada wartawan, Jumat (5/7/2024).


Lia menjelaskan patroli pengawasan melekat langsung dilapangan pada tahapan Coklit merupakan salah satu strategi pencegahan dilakukan jajaran Bawaslu agar tidak terjadi pelanggaran pada tahapan penyusunan daftar pemilih.


"Hal ini sesuai dengan surat Intruksi Ketua Bawaslu RI Nomor 6235.1 Tahun 2024 tentang patri pengawasan kawal hak pilih jelang pemilukada 27 November 2024 mendatang," katanya.


Lebih lanjut ibu tiga anak asli Kabupaten OKU Selatan ini menuturkan jika berdasarkan hasil pengawasan dari dua kecamatan Prabumulih Utara dan Prabumulih Selatan diketahui jika pencoklitan dilakukan sudah mencapai lebih dari 50 persen.


"Melalui patroli pengawasan ini juga diharapkan proses penyusunan daftar pemilih menghasilkan DPT (Daftar Pemilih Tetap) yang berkualitas dan hak pilih masyarakat dapat tersalurkan nantinya," tuturnya.


Patroli pengawasan tersebut selain dilakukan Anggota Bawaslu Prabumulih Lia Siska Indriani, juga dilakukan Ketua Bawaslu Afan Sira Oktrisma di wilayah Kecamatan Prabumulih Barat. (05)


 

Share:

0 komentar:

Posting Komentar



Portalsriwijaya.com