Pemkot Prabumulih Gelar Syukuran dan Do'a Bersama Pembangunan Flyover Patih Galung



Prabumulih, Portalsriwijaya.com - Pemerintah Kota Prabumulih menggelar syukuran dan doa bersama atas pelaksanaan Pembangunan Flyover Patih Galung oleh Kementerian PUPR RI di Jalan Jenderal Sudirman Kelurahan Patih Galung Kecamatan Prabumulih Barat Kota Prabumulih, pada Selasa (13/7/2021).

Syukuran ditandai dengan penyembelihan satu ekor sapi yang nantinya dibagikan kepada masyarakat dan pembacaan yasin serta doa bersama.

Kegiatan dihadiri Walikota Prabumulih Ir H Ridho Yahya MM, Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) wilayah V Palembang, Ir Kgs Saiful Anwar MT, Ketua DPRD Prabumulih, Sutarno SE, Kepala Dinas PUPR Pemkot Prabumulih, H Beni Akbari ST dan seluruh kepala OPD serta jajaran pejabat di kota Prabumulih.

Walikota Prabumulih, Ir H Ridho Yahya MM mengungkapkan apresiasi dan rasa syukur atas perjuangan cukup lama akhirnya Flyover Patih Galung yang tidak semua Kabupaten/kota di Sumsel dibantu bakal segera dikerjakan.



"Alhamdulilah disetujui, tidak semua daerah disetujui apalagi flyovernya bagus dan indah sekaligus jadi tempat wisata nantinya. Untuk itu kita lakukan syukuran dan doa bersama," bebernya pembangunan menggunakan dana APBN dan pemerintah kota Prabumulih melalui APBD sudah membuat perencanaan dan membebaskan lahan.

Orang nomor satu di Prabumulih itu menuturkan, nantinya selama pembangunan jalan akan ditutup sementara untuk mobil bertonase besar dan akan dialihkan melalui jalan Lingkar Timur. "Selama pembangunan akan kita backup supaya kalau bisa BBPJN membantu kita lagi untuk pembangunan serta pelebaran jalan di kota Prabumulih," tuturnya.

Sementara itu, Kepala BBPJN wilayah V Palembang, Ir Kgs Saiful Anwar MT mengatakan flyover Patih Galung merupakan 1 dari 12 flyover di atas perlintasan rel kereta api yang diperlukan di Sumsel.


"Prabumulih mendapatkan kesempatan pertama, saya juga tidak tahu. Karena dari Kementerian beberapa kali diperintahkan lihat rencana pembangunan flyover di Patih Galung," akunya.

Pembangunan flyover Patih Galung menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) sekira Rp 100 miliar lebih dengan sistem multiyears dan ditargetkan selesai November 2022 mengingat semua perjanjian dengan PJKA dan lainnya sudah selesai.

"Panjang flyover sekira 382 meter lengkap dengan 5 bentang ada 40 meter dan 50 meter, nantinya akan dibuat U-turn dibawahnya sehingga sangat baik mengatur lalu lintas di Prabumulih ini. Nantinya selama pembangunan Pemkot akan mengatur traffic light dan lainnya," jelas Saiful.

Saiful sangat berterimakasih kepada Walikota Prabumulih yang sudah melakukan pembebasan lahan dan membuat desain flyover menggunakan APBD kota Prabumulih.

"Kami terima kasih sekali kepada Walikota, pada saat tender lahannya sudah siap dan sudah beberapa kali sinergi dengan BBPJN sehingga spesifikasi dan kualitas desain bersama kita sehingga itu memenuhi standar," imbuhnya.



Lebih lanjut Saiful menuturkan, flyover yang dibangun di kota nanas itu nantinya bisa sampai 50 tahun dengan tonase beban sampai 10 ton tekanan ganda.

"Kami minta juga nantinya supaya truk yang bermuatan overload supaya ditegur karena banyak kendaraan lebihi kapasitas lewat dan hal itu sudah ada Peraturan Gubernur nya," tutur Saiful. (Adv/Ing)

Share:

0 komentar:

Posting Komentar


Portalsriwijaya.com