Satgas BERANI OTT Pekerja Perumahan Suruhan Oknum ASN, Buang Sesuatu di Jalan Lingkar



Prabumulih, Portalsriwijaya.com - Pasca dikukuhkan Satgas Berani Kelurahan Gunung Ibul gerak cepat melakukan operasi tangkap tangan (OTT) terhadap oknum pekerja perusahaan perumahan yang membuang sampah sembarangan di Jalan Lingkar Timur kota Prabumulih, Minggu (2/4/2023).


Para oknum tersebut membuang sampah berupa pohon dan rumput sisa Land clearing atau pembersihan lahan untuk dijadikan perumahan.


Satgas Berani (Bersih, Rapi, Nyaman, Indah) yang terdiri dari RT, RW serta tokoh masyarakat tersebut turun langsung didampingi Lurah Gunung Ibul Fitriyadi SH MH dan Bhabinkamtibmas serta Babinsa.


Pihak perusahaan perumahan yang tertangkap tangan tersebut nantinya akan dipanggil ke kantor untuk ditindak tegas sesuai peraturan daerah (Perda) kota Prabumulih. Tidak hanya pekerja itu saja, namun oknum ASN yang menyuruh membuang sampah secara sembarangan juga akan ditindak.

"Tim Satgas BERANI melakukan OTT ada yang membuang sampah di Jalan Lingkar Timur, sampah dibuang berupa kayu dan rumput sisa pembersihan lahan perumahan," ungkap Lurah Gunung Ibul, Fitriyadi saat diwawancarai wartawan.


Adi mengatakan, pihak yang membuang sampah sembarangan tesebut nantinya akan dilakukan pemanggilan dan akan diperiksa oleh Satpol PP karena jelas melanggar peraturan daerah. "Tentu harapan kita akan dikenakan sanksi sehingga menjadi contoh bagi masyarakat agar jangan membuang sampah sembarangan," katanya.


Lebih lanjut pria yang sebelumnya menjabat Kabid di Bagian Hukum dan Perundangan-undangan Pemkot Prabumulih ini menuturkan pihaknya akan menerapkan perda larangan membuang sampah sembarangan dan tak segan menindak. 

"Apalagi Kelurahan Gunung Ibul ini percontohan untuk kebersihan, jadi warga kita imbau jangan sembarang buang sampah, buang pada tempatnya atau berlangganan dengan petugas sampah yang ke rumah-rumah itu," katanya.


Ditanya terkait keluhan warga di kawasan Taman Gunung Ibul masih sering dan banyak sampah menumpuk, Fitriyadi mengatakan hasil rapat bersama dinas Perkim dan Lingkungan Hidup jika diperbaiki. "Nanti akan dipercantik dicat, sedang kita ajukan direhab. Nanti akan dibuat bagus sehingga orang tidak akan buang sampah disana," tuturnya.


Saat ini pihaknya kata Adi, pihaknya bersama Ketua RT, RW dan Satgas masih mencari lahan di 4 titik di Kelurahan Gunung Ibul untuk dijadikan tempat penampungan sampah (TPS) sementara.


"Kendala kita saat ini adalah lahan untuk dijadikan TPS yang belum ada. Kita tidak bisa langsung melarang tanpa ada tempat meletakan kontainer sampah, makanya untuk di taman gunung Ibul itu sementara terus diangkut petugas sehingga tetap bersih," katanya.


Lebih lanjut Fitriyadi mengaku program kedepan direncanakan Satgas Berani bersama pihaknya cukup banyak selain menyiapkan TPS di empat titik, koordinasi dengan Bank Sampah dan program lainnya.


"Program kita ini jangka panjang, bagaimana merubah mindset orang agar tak buang sampah. Nanti juga tiap rumah kita rencanakan punya rekening sampah sehingga warga tak buang sampah tapi dikumpulkan untuk dijual dan hasilnya masuk rekening bank sampah, kalau untuk pencegahan kita sudah langsung pasang spanduk larangan buang sampah sembarangan," terangnya.(05)

Share:

0 komentar:

Posting Komentar



Portalsriwijaya.com