Paripurna HUT OKU Selatan Meriah, Gubernur Sumsel Puji Pertumbuhan Ekonomi OKU Selatan


OKU Selatan, Portalsriwijaya.com - Dalam rangka memperingati hari jadi Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan ke-18 tahun, Pemerintah Daerah dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten OKU Selatan menyelenggarakan rapat paripurna istimewa HUT ke-18 yang jatuh pada tanggal 07 Januari 2022.


Sidang paripurna istimewa ke dua HUT OKU Selatan ke-18 ini berlangsung di ruang rapat istimewa DPRD OKU Selatan, Kamis 27 Januari 2022.

Rapat paripurna istimewa ini dipimpin dan dibuka langsung oleh Ketua DPRD OKU Selatan, Heri Martadinata. Turut hadir Gubernur Sumsel, H Herman Deru, Bupati OKU Selatan Popo Ali, Wakil Bupati OKU Selatan Sholehien Abuasir, Anggota DPRD Provinsi Sumatera Selatan, Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten dan kota se-Sumsel.


Tampak hadir juga Bupati Way Kanan, Bupati Lampung Barat, mantan Bupati OKU Selatan H Muhtadin Serai, Kapolres OKU Selatan, Dandim 0403 OKU, Kajari OKU Selatan, anggota DPRD OKU Selatan, seluruh OPD, para camat, dan Kepala Desa se-OKU Selatan.

Bupati mengatakan HUT OKU Selatan ke-18 kali ini masih dalam situasi pandemi Covid-19, meski demikian perayaan HUT OKU Selatan tetap diselenggarakan dengan menerapkan protokol kesehatan COVID-19.


"Saya ucapakan terimakasih kepada gubernur Sumsel yang selalu hadir dan mensupport kegiatan kabupaten OKU Selatan, baik tingkat Kabupaten maupun Provinsi," tegasnya.

Dikatakan Bupati, pada HUT OKU Selatan ke-18 ini Pemerintah Daerah Kabupaten OKU Selatan mengambil tema “OKU Selatan Sigap, Tangguh dan Tumbuh Menuju OKU Selatan Bersinar, Sumsel Maju Untuk Semua”


"Tema itu kami ambil sesuai dengan kemajuan zaman, oleh sebab itu pemerintah daerah akan menyesuaikan segala sesuatunya untuk menuju OKU Selatan Bersinar," ujar Popo.

Selain itu bupati juga menyampaikan persentase capaian vaksinasi dosis satu untuk OKU Selatan telah mencapai 80%. Saat ini OKU Selatan juga sedang melakukan vaksinasi dosis 1 untuk anak usia 6 sampai 11 tahun.


Lebih lanjut Bupati juga menjelaskan peningkatan pertumbuhan ekonomi masyarakat dengan adanya even-even akbar seperti Sriwijaya Ranau Grand Fondo dan Pekan Olahraga Provinsi.


Bupati juga menyampaikan rencana pemerintah kabupaten OKU Selatan dalam waktu dekat tepatnya di tahun ini akan segera membangun rumah sakit vertikal.

Mengakhiri sambutannya Bupati meminta doa restu dari Gubernur Sumatera Selatan dan semua elemen agar rencana pembangunan rumah sakit tersebut dapat berjalan sukses dan lancar.


Sementara itu Gubernur Sumsel, H Herman Deru dalam sambutannya mengatakan di usianya yang ke-18 kabupaten OKU Selatan tumbuh dengan pesat. Hal ini karena kerja sama antara masyarakat dan pemerintah yang saling support.


"Saat OKU Selatan dimekarkan, banyak yang ragu akan jadi apa OKU Selatan. Namun seiring waktu dan berkata kerja sama antara masyarakat dengan pemerintah, OKU Selatan mampu setara dengan Kabupaten lain meskipun pada saat itu tantangannya terkait anggaran dan APBD," ungkapannya.

Gubernur mengungkapkan dengan adanya even-even besar baik yang diselenggarakan oleh Pemerintah daerah maupun Provinsi mampu membangkitkan perekonomian masyarakat, sehingga pertumbuhan ekonomi OKU Selatan relatif tinggi.


"Adanya even-even besar ini memberikan efek positif bagi pertumbuhan perekonomian masyarakat di mana pertumbuhan ekonomi OKU Selatan meningkatkan relatif tinggi," ungkap Gubernur.


Terkait pembangunan RSUD di OKU Selatan, Pemerintah Provinsi Sumsel akan mensupport dan membantu dengan mengucurkan dana senila 25 Miliar. RSUD Muaradua rencananya akan dibangun menjadi 5 tingkat dengan estimasi biaya, 3 tingkat dianggarkan dari APBD dan 2 tingkatnya dianggarkan dari bantuan Gubernur Sumsel.

"Rumah sakit itu penting, mengingat jarak rujukan sangat jauh, dan apa pun tipe RSUD di OKU Selatan pelayanan harus lebih penting. Pelayanan kesehatan terhadap masyarakat tidak hanya di RSUD namun juga di Fasyankes terdekat dan yang terpenting adalah memberikan pelayanan terbaik kepada masyarkat," terang Deru.


"Kemudian untuk menunjukkan keseriusan kepada masyarakat Pemerintah Provinsi akan menambah dua tingkat lagi, menjadi 5 tingkat," tukas Deru. (Adv/Aj86)

Share:

1 komentar:


Portalsriwijaya.com