BSB Prabumulih Beri Pinjaman ke UMKM, Disperindag Bantu Etalase Jualan


Prabumulih, Portalsriwijaya.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Prabumulih melalui Dinas Perindustrian Perdagangan (Disperindag) dan Bank Sumsel Babel kompak memberikan bantuan kepada pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di kota nanas. 


Itu dilakukan sebagai upaya Pemkot Prabumulih dalam pemulihan ekonomi di kota nanas setelah pandemi berkepanjangan.


Puluhan UMKM yang mayoritas pedagang kuliner tersebut menerima bantuan sarana perdagangan berupa etalase dari Disperindag, timbangan dari Disperindag Sumsel serta tambahan modal usaha berupa Kredit Usaha Rakyat (KUR) dengan bunga ringan dari Bank Sumsel Babel cabang kota Prabumulih.


Kepala Disperindag Prabumulih, Muhtar Edi dalam kesempatan itu menyebutkan, bantuan diberikan kepada pelaku UMKM berupa 70 etalase dan 40 lebih timbangan. 


"Kriteria UMKM yang berhak menerima bantuan yakni mereka yang sudah mempunyai usaha minimal 2 tahun, rumahnya standar," ujarnya.


Muhtar mengatakan, pedagang yang menerima bantuan berkewajiban untuk merawat bantuan yang diberikan dan tidak bisa diperjualbelikan sesuai dengan perjanjian. 


"Nanti kita ada pengecekan/monitoring setiap 6 bulan dan aa sanksi bagi mereka yang kedapatan menjual bantuan yakni kuringan penjara 6 bulan -1 tahun," jelasnya.


Pimpinan Bank Sumsel Babel cabang Prabumulih, Tian Kedaumpu Yamin menambahkan, pihaknya memberikan Kredit Usaha Rakyat (KUR) dengan bunga 6 persen.


"Jika tahun lalu nominalnya Rp1 juta, sekarang nominalnya mulai dari Rp1 juta hingga Rp10 juta," sambungnya mengaku bantuan juga diberikan untuk fase pemulihan Covid-19 saat ini.


Dalam kesempatan itu, pihaknya juga memberikan bantuan CSR berupa 1 unit mesin dekortikator dan 1 unit ATBM Dogan dimana kedua alat tersebut berupa mesin produksi serat alam dari daun nanas jika dimasukkan ke mesin langsung menjadi serat dan diolah menjadi benang. 


"Jadi kita tidak hanya memberikan umpan (uang, red), tapi alat pancing juga kita berikan. Apalagi Prabumulih terkenal sebagai kota nanas," jelasnya berharap kedepan tak hanya menjual nanas melainkan dalam bentuk olahan nanas seperti benang.


Walikota Prabumulih, H Ridho Yahya yang hadir dalam kegiatan itu mengucapkan selamat kepada pelaku UMKM yang menerima bantuan dan berharap perekonomian bisa lebih baik lagi. "Gunakan bantuan yang diberikan sebaik-baiknya untuk membantu perekonomian keluarga," tuturnya. (05)

Share:

0 komentar:

Posting Komentar


Portalsriwijaya.com