Ratusan Umat Islam Prabumulih Gelar Tarhib Ramadan 1445 H, Hadirkan Ustadz dari Palembang


Prabumulih , Portalsriwijaya.com - Menyambut bulan suci Ramadan 1445 Hujriah, gabungan ormas Islam di Kota Prabumulih menggelar kegiatan Tarhib Ramadan dengan tema 'Jadikan Bulan Ramadhan Sebagai Bulan Peningkatan Ibadah, Taqwa dan Ukhuwah', Minggu (10/3/2024).

Kegiatan tarhib tersebut digelar bersama ormas islam di Prabumulih antara lain IKADI, DMI, BKPRMI, UPZ Islahul Ummah, PD Salimah, PKMT Timur, Muslimat NU dan Masjid Nur Afarah.

Tarhib itu dilaksanakan di Masjid Agung Nur Afarah kota Prabumulih tepatnya di Jalan Jend Sudirman Kota Prabumulih dengan menghadirkan penceramah dari Kota Palembang Prof DR dr H Yuwono MBiomed.

Kegiatan dihadiri Forkompinda kota Prabumulih, Kabag Kesra Pemkot Prabumulih Oktabri Khairullah yang mewakili Walikota Prabumulih, pimpinan dan anggota ormas islam, ta'mir Masjid se-kota Prabumulih dan perwakilan majelis ta'lim se kota prabumulih.

Dalam kegiatan itu, dibuka dengan lantunan ayat suci Al-Qur’an yakni Surat Al-Baqarah ayat 183 - 185 yang berisi perintah kepada segenap umat Islam untuk mengerjakan puasan pada bulan Ramadan dibacakan oleh Ustadz Rahmat Hidayat dan sambutan ketua panitia bersama tarhib ramadhan 1445 H oleh ustadz Muslimin Jamir SIP MM.


Kabag Kesra Setda kota Prabumulih, Oktabri Khairullah dalam sambutannya mengatakan kegiatan itu merupakan ajang silaturahmi dan melalui kegiatan itu menjadi momen pentingnya bulan suci ramadan.

"Ini menjadi momen bagi kita untuk lebih instropeksi diri serta meningkatkan kualitas ibadah kita," katanya.

Kegiatan lalu dilanjutkan dengan tausiyah agama yang disampaikan oleh ustadz Prof DR dr H Yuwono MBiomed yang secara langsung datang dari Palembang. "Agar kita bergembira menyambut hadirnya bulan mulia, serta menjadikan bulan Ramadan sebagai bulan peningkatan ibadah, taqwa, dan ukhuwah," ujar Ustadz Yuwono dalam ceramahnya.

Sementara itu Ketua IKADI Prabumulih, Mohamad Mufid MPdI menyampaikan kegiatan ini sangat penting sebagai salah satu syiar Islam. "Kalau bukan kita yang mengabarkan mulianya Ramadhan, siapa lagi? Kita harus bangga, semangat dan gembira menyambut Ramadhan. Dengan rasa gembira inilah akan menumbuhkan motivasi ibadah," katanya.


Hal yang sama disampaikan Ketua DMI Prabumulih H Ismet Hasan yang mengatakan jika ramadan kali ini harus mampu menjadi media untuk merekatkan ukhuwwah Islamiyyah pasca Pemilu 2024.

"Pemilu sudah usai, saatnya kita kembali memakmurkan masjid, fokus ibadah Ramadan. Mudah-mudahan dengan hadirnya bulan suci Ramadan, akan membawa keberkahan untuk Kota Prabumulih khususnya, dan negara tercinta umumnya," harapnya.(05)

Share:

0 komentar:

Posting Komentar



Portalsriwijaya.com